BUAH APEL (Malus domestica)

Aeknauli Agro, Aek Nauli Agro, Aeknauli, Aek 

Nauli, Humbahas, Agro, Buah Apel, Apel, Buah, Indonesia, Botani, Malus domestica AEKNAULI AGRO. Apel merupakan tanaman buah yang sangat banyak ditanam di daerah dataran tinggi yang mempunyai hawa sejuk. Tanaman Apel dapat tumbuh dan berbuah baik pada ketinggian (700-1200 m dpl) Dan dengan ketinggian Optimal (1.000-1.200 m dpl). Pohon ini mempunyai batang yang kokoh dan daun yang lebat dari batang yang panjang. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika telah masak, telah siap untuk di makan, namun bisa juga Apel kulitnya memiliki jenis yang banyak, mulai dari apel hijau, apel merah, apel malang, dll.

Kulit buahnya agak lembek, Daging buahnya keras Dan juga memiliki beberapa biji di dalam dagingnya.Tanaman apel pertama sekali ditanam di daerah Asia Tengah. Kini apel telah berkembang di banyak daerah di dunia yang bersuhu udaranya lebih dingin. Apel merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari daerah Asia Barat dengan iklim subtropis. Di Indonesia apel telah di tanam semenjak tahun 1934 hingga saat sekarang ini.
Aeknauli Agro, Aek Nauli Agro, Aeknauli, Aek 

Nauli, Humbahas, Agro, Buah Apel, Apel, Buah, Indonesia, Botani, Malus domestica, Apel Malang
Jenis tanaman apel menurut Sistematika tanaman apel termasuk dalam : 1. Divisio = Spermatophyta ; 2. Subdivisio = Angiospermae ; 3. Klas  =  Dicotyledonae  ; 4. Ordo  =  Rosales  ; 5. Famili  = Rosaceae ; 6. Genus  =  Malus  ; 7. Spesies  =  Malus domestica.  Terdapat bermacam-macam varietas yang memiliki ciri-ciri atau kekhasan yang tersendiri. Beberapa varietas Apel unggulan antara lain adalah : Rome Beauty, Manalagi, Anna, Princess noble, Dan Wangli/Lali jiwo. DOLOK SANGGUL HUMBAHAS.