IKLIM LA NINA

Aeknauli Agro, Aek Nauli Agro,Aeknauli, Aek Nauli, Aek, Nauli, Info Agro, Agro, Info, Iklim, La Nina AEKNAULI AGRO. La Nina diambil dari bahasa Spanyol, berarti bayi perempuan. Ikilim La Nina merupakan fenomena alam global yang dicirikan dengan pendinginan suhu permukaan laut di Samudera Pasifik Bagian Tengah dan kolam hangatnya berpindah ke bagian barat Samudera Pasifik (disekitar Lautan Indonesia) yang berefek pada penghangatan suhu permukaan laut di Lautan Indonesia. 

Kondisi ini menyebabkan massa udara dari Pasifik akan mengalir ke wilayah Indonesia sehingga terjadi konvergensi massa udara yang kaya uap air, maka peluang terjadinya hujan di wilayah Indonesia menjadi semakin besar.

Dampaknya pada musim kemarau, curah hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang telah memicu terjadinya sejumlah bencana banjir, tanah longsor dan terjangan angin puting beliung di beberapa daerah yang semestinya sedang berlangsung cuaca kering akibat kemarau. Tingginya curah hujan pada musim kemarau memang banyak memberi keuntungan bagi banyak petani karena dengan hujan di musim kemarau ini masa tanam dan panen mereka menjadi lebih banyak. Hujan di musim kemarau juga memberi banyak manfaat berupa kecukupan kebutuhan pasokan air bagi masyarakat di daerah yang biasanya mengalami kesulitan air di saat musim kemarau.

Dampak buruknnya kondisi ini justru akan menyebabkan kerugian besar bagi para petani garam dan tembakau, yang mengharapkan kehadiran banyak sinar matahari di musim kemarau.AEK NAULI AGRO . AEKNAULI HUMBAHAS.